Salam coding ^_^Saat membuat aplikasi, biasanya programmer menentukan ukuran dan letak objek secara hardcode menggunakan nilai pixel. Beda ukuran layar, beda nilai pixel. Jadi jika aplikasi akan digunakan di ukuran layar yang berbeda, programmer akan menyetting ulang nilai pixelnya. Nah lho, apa ga repot ...

Qt Menyesuaikan Ukuran Object Berdasarkan Resolusi Layar

Salam coding ^_^
Saat membuat aplikasi, biasanya programmer menentukan ukuran dan letak objek secara hardcode menggunakan nilai pixel. Beda ukuran layar, beda nilai pixel. Jadi jika aplikasi akan digunakan di ukuran layar yang berbeda, programmer akan menyetting ulang nilai pixelnya. Nah lho, apa ga repot tuh bolak balik setting. Misal digunakan di 3 ukuran layar maka ada 3 source, wasting time guys. Yuk kita menghemat waktu kita dengan membuat project yang sudah pasti pas sama ukuran layar.

  1. Buat projek dengan nama cekResolusiLayar.
  2. Buka cekResolusiLayar.ui lalu Add pushButton ke workspace.
  3. Di constructor, tambahkan source ini
    QRect screen = QApplication::desktop()->geometry();

    misalnya kita ingin membuat pushButton di posisi :
    x = titik awal ada di 1/8 lebar layar
    y = titik awal ada di 0
    lebar = 1/3 lebar layar
    tinggi = 1/4 tinggi layar
    maka tambahkan source ini

    ui->pushButton->setGeometry(screen.width()/8,0,screen.width()/3,screen.height()/4);
    Langsung dari resolusi
  4. Taraaam, ini dia hasilnyaHasil percobaan 1
    jika ingin membuat pushButton fullscreen layar, ganti source ini
    ui->pushButton->setGeometry(screen.width()/8,0,screen.width()/3,screen.height()/4);
    dengan yang ini
    ui->pushButton->setGeometry(screen);
    inilah hasilnyabutton full

Pada poin 3, kita setting pushbutton seperti ini

ui->pushButton->setGeometry(screen.width()/8,0,screen.width()/3,screen.height()/4);

tapi pada poin ke 4, kita setting pushbutton seperti ini

ui->pushButton->setGeometry(screen);

Kenapa bisa berbeda? settingan yang pertama menggunakan

ui->pushButton->setGeometry(int x, int y, int w, int h);

pada settingan yang kedua, screen bertype QRect. QRect ini sebenarnya adalah int x, int y, int w, int h yang dikemas menjadi satu. Karena itulah kita bisa setting geometry objek menggunakan data bertype QRect.

Untuk menghitung posisi x, kita menghitungnya berdasarkan lebar layar karena posisi x adalah horizontal. Sedangkan posisi y di hitungnya berdasarkan tinggi layar.

 

Ternyata mudah ya.. :D

Selamat mencoba kakak. Ganbatte Kudasai   ^_^


About Author

Vee Sivee


Comment & Discussions

    Please LOGIN before if you want to give the comment.