Assalaamualaikuum..., selamat pagi semua nya :) oke deh tanpa membuang buang waktu kita mulai melanjutkan tutorial pembuatan bel UN kita. Pada tutorial bagian ke 2 kita telah membuat database dengan menggunakan ms. access dan di dalam nya terdiri dari dua buah tabel yaitu t_jadwal dan t_hari sesuai dengan fungsi nya mas...

Bel Sekolah Dengan ActionScript2 (Medium Project Bag. 3 Setting Layout dan Waktu)

Assalaamualaikuum..., selamat pagi semua nya

oke deh tanpa membuang buang waktu kita mulai melanjutkan tutorial pembuatan bel UN kita. Pada tutorial bagian ke 2 kita telah membuat database dengan menggunakan ms. access dan di dalam nya terdiri dari dua buah tabel yaitu t_jadwal dan t_hari sesuai dengan fungsi nya masing masing.

selanjutnya kita akan buat program utamanya menggunakan flash 8 atau adobe flash, silahkan buka aplikasi flash nya lalu save dahulu taku mati listrik hehehe...., save dengan nama Bel UN.fla dan simpan pada folder yang sama dengan file dbun.mdb yang telah dibuat dulu.

1. setelah itu silahkan atur dimensi atau ukuran layout menjadi 700 x 450 pixel lalu OK, dan setelah itu buat tiga buah layer dengan nama masing masing dari bawah ke atas (action, engine, setting) , untuk selengkapnya anda bisa lihat gambar di bawah ini :

2. Import semua asset yang sudah anda download dari link yg saya kasih, lalu ekstrak dan import ke flash nya dengan cara klik file > import > import to library dan pilih semua file yang sudah anda ekstrak lalu terakhir klik OPEN :

3. Klik pada layer engine lalu dorong bg_bel.png ke dalam stage atau layar putih yg masih kosong dan posisikan dengan tepat sesuai dengan layar putih yg disediakan.

4. Klik kanan pada gambar bg_bel.png yg sudah berada di stage, lalu klik kanan > convert to symbol > beri nama engine lalu OK; maka bg_bel.png yg ada pada stage sudah berubah menjadi movie clip.

5. Double klik pada movie clip "engine" yg sudah dibuat tadi yg ada di stage utk masuk ke dalam movieclip "engine", dan buat tiga buah layer lagi dengan nama bg, engine dan action seperti pada gambar berikut :

 

6. sekarang kita akan menambahkan waktu jam, menit dan detik, . caranya adalah klik pada layer engine untuk mengaktifkan layer engine, lalu klik text tool lalu pada tab properties pilih dynamic text dan klik pada layar / stage ; ubah ukuran huruf jadi 40 ; ganti nama variabel nya dengan "jam".

7. Pada langkah ke enam silahkan ukuran text tool disesuaikan dengan area yg ada dan lakukan yg sama untuk menit, detik , hari dan subjek dengan detail sebagai berikut : 

Nomor texttool Nama Variabel
1 jam
2 menit
3 detik
4 hari
5 subjek

 

8. setelah pembuatan text tool dan pemberian variabel pada text tool maka selanjutnya kita harus pula memberikan nama/variabel pada mp3 atau suara yang akan kita panggil nantinya sesuai dengan waktu yg ditentukan, caranya adalah, klik kanan pada Sound yg ada pada library lalu pilih Linkage

 

setelah itu beri nama pada identifier dengan nama yg persis dengan nama sound nya :

lakukan langkah yg sama pada semua sound mp3 yang ada pada library !,.

9. Pilih layer "action" tepatnya pada keyframe "1", lalu tekan tombol F9 untuk membuka tab action !,dan bubuhkan kode di bawah ini :

//hari ini 
var cPlaying = false;
var played = 0;
timer = new Date();
hariini = timer.getDay();
if(hariini == 1){
   hari.text = "SENIN";
}else if(hariini == 2){
   hari.text = "SELASA";
}else if(hariini == 3){
   hari.text = "RABU";
}else if(hariini == 4){
   hari.text = "KAMIS";
}else if(hariini == 5){
   hari.text = "JUMAT";
}else{
   hari.text = "SABTU";
}
    vMsk = 0;
	vPsp = 0;
	vKrj = 0;
	v15 = 0;
	vSls = 0;
//
//atur jam menit detik
onEnterFrame = function () {
	waktu = new Date();
	jamku = waktu.getHours();
	menitku = waktu.getMinutes();
	detikku = waktu.getSeconds();
	jam.text = jamku;
	menit.text = menitku;
	detik.text = detikku;
	if (jamku<10) {
		jam.text = "0"+jamku;
	}
	if (menitku<10) {
		menit.text = "0"+menitku;
	}
	if (detikku<10) {
		detik.text = "0"+detikku;
	}
	curTime = jam.text+":"+menit.text+":"+detik.text;
	// algoritma belling
	if (curTime == vMsk) {
		played = detikku;
		mainkan("Bel Masuk Ruangan.mp3");
		subjek.text = "Masuk Ruangan";
	}else
	if (curTime == vPsp) {
		played = detikku;
		mainkan("Bel Pembagian Soal.mp3");
		subjek.text = "Persiapan Ujian";
	}else
	if (curTime == vKrj) {
		played = detikku;
		mainkan("Bel Mengerjakan Soal.mp3");
		subjek.text = "Mengerjakan Soal";
	}else
	if (curTime == v15) {
		played = detikku;
		mainkan("Bel Waktu 15 Menit.mp3");
		subjek.text = "Selesai 15 Menit Lagi";
	}else
	if (curTime == vSls) {
		played = detikku;
		mainkan("Bel Selesai Ujian.mp3");
		subjek.text = "Ujian Selesai";
	}
	//
	if (detikku == (played + 1)){
	    cPlaying = false;
	}
};
//
//play musik
function mainkan(musik) {
	if (cPlaying == false) {
		lagu = new Sound();
		lagu.attachSound(musik);
		lagu.setVolume(100);
		lagu.start(0, 0);
	}
	cPlaying = true;
}
//
//klik btn kategori
btn_setting.onRelease = function() {
	_root.gotoAndStop("f_kategori");
};
//
//pilih hari
function pilihHari(hari) {
	mdm.Database.MSAccess.connect("dbun.mdb", "");
	mdm.Database.MSAccess.select("SELECT * FROM t_jadwal where id_hari="+hari);
	var dataSet = mdm.Database.MSAccess.getData();
	//adding
	vMsk = dataSet[0][2];
	vPsp = dataSet[0][3];
	vKrj = dataSet[0][4];
	v15 = dataSet[0][5];
	vSls = dataSet[0][6];
}
//set waktu dari dbun.mdb
pilihHari(hariini);

Kode di atas berfungsi untuk mengatur jam menit dan detik hari ini, lalu membaca data jam yg sudah disetting pada dbun.mdb dan disesuakan dengan jam hari ini, jika current time nya sama dengan salah satu data jam pada database maka akan dipanggil nama kolom ny dan disesuaikan dengan lagu apa yang dijalankan, begitu seterusnya sepanjang hari bel itu dijalankan. namun dari itu sampai tahap ini kita belum terkoneksi dengan database dbun.mdb karena Flash belum bisa dikoneksikan dengan Ms. Access jika tanpa ada Aplikasi pembatu nya yaitu Aplikasi MDM Zinc sebagai third party dan akan saya jelaskan pada artikel yang lainnya.

Sampai tahap ini kita sudah membuat jam digital seperti berikut : 

Selamat mencoba, selamat berjumpa lagi di tutorial lanjutannya

 

#

About Author

Giri Rahayu Bastian

Lahir di tasikmalaya dan kerja di pangandaran


Comment & Discussions

    Please LOGIN before if you want to give the comment.