BAB I PENDAHULUAN   1.1. E-Commerce E-commerce merupakan Singkatan dari Electronic Commerce yang artinya perdagangan elektronik yaitu jual beli dengan menggunakan bantuan media elektronik dalam hal ini media elektronik yang digunakan bisa dengan personal computer (PC), Laptop / n...

E-Commerce dengan QuickCart v6.7 BAB I

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1. E-Commerce

E-commerce merupakan Singkatan dari Electronic Commerce yang artinya perdagangan elektronik yaitu jual beli dengan menggunakan bantuan media elektronik dalam hal ini media elektronik yang digunakan bisa dengan personal computer (PC), Laptop / netbook dan gadget (smartphone dan tablet) yang terhubung dengan internet. Istilah lain yang populer di Indonesia diantaranya adalah Jual Beli Online atau toko online.

 

1.2. Quick Cart

Quick Cart merupakan web e-commerce berbasis CMS (Content Management System) buatan dari Open Solution. Web CMS adalah web sudah jadi, dimana kita hanya perlu merubah isinya saja, tanpa perlu memahami source pemrograman web semisal HTML ataupun PHP. Kelebihan lain dari Quick Cart diantaranya adalah kita tidak perlu untuk membuat database sendiri di web server, karena database di Quick Cart sudah menyatu dengan aplikasinya.

Aplikasi ini kapasitasnya cukup kecil dan bersifat gratis. Untuk mendapatkannya kita hanya perlu mengunjungi web Open Solution yang beralamat di http://opensolution.org/download/home.html?sFile=Quick.Cart_v6.7.zip.

 

Gambar 1.1. Tampilan halaman download website Open Solution

 

1.3. Xampp

Sebelum membahas Xampp ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal Web Server. Web Server merupakan sebuah software dalam server yang berfungsi menerima request berupa halaman web melalui HTTP atau HTTPS dari web browser dan mengirimkan kembali (response) hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang berbentuk dokumen HTML. Arsitektur web server lokal tersebut seperti ditunjukkan pada gambar 1.2

 

 

Gambar 1.2. Arsitektur Web Server (Samsul Hadi, 2013)

 

Salah satu contoh dari web server lokal ini adalah XAMPP buatan Apache Friends, di dalamnya sudah tersedia database server MYSQL dan mendukung pemrograman PHP. Di dalam software XAMPP terdapat aplikasi PHPMyadmin yaitu sebuah aplikasi open source yang berfungsi untuk memudahkan pengelolaan database MySQL. Dengan PHPMyadmin, kita dapat membuat database, tabel, menginput, mengedit dan menghapus data dengan mudah karena PHPMyadmin menggunakan tampilan yang diakses dari browser (GUI) sehingga pengelolaan database MySQL dapat menjadi lebih mudah tanpa perlu mengetikkan perintah SQL secara manual.

Untuk mendapatkan aplikasi Xampp ini kita hanya perlu mengunjungi web Apache yang beralamat di https://www.apachefriends.org/download.html.

 

 

Gambar 1.3. Tampilan halaman download website Apache Friends

 

1.4. Instalasi

#

About Author

Aslam Fatkhudin


Comment & Discussions

    Please LOGIN before if you want to give the comment.