Kadang beberapa orang menganggap remeh, karena kini mulai banyak bertebaran CMS (Content Management System) yang siap pakai. ada beberapa orang yang menganggap diriya seorang web progammer hanya berbekal CMS dan web template instan, namun ketika terjadi kesalahan atau kerusakan dan untuk melakukan customisasi mereka belum tentu paham, karena untuk membuat sebuah website dibutuhkan beberapa tahap yang tidak boleh terlewat sedikitpun. Sedikit akan saya berikan informasi mengenai hal-hal yang paling mendasar pada pemrograman web.

Hal yang mendasar pada pemrograman web - Part 2

 Lanjutan : Hal yang mendasar pada pemrograman web - Part 1

PHP (Hypertext Preprocessor)

Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek (OOP).

Beberapa kelebihan PHP dari bahasa pemrograman web, antara lain:

  1. 'Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.'
  2. 'Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.'
  3. 'Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.'
  4. 'Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.'
  5. 'PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.'

PHP memiliki 8 (delapan) tipe data yang umum yaitu :

  1. Integer
  2. Double
  3. Boolean
  4. String
  5. Object
  6. Array
  7. Null
  8. Resource

 

MySQL

MySQL adalah sistem manajemen database relasional (RDBMS), dan berjalan tanpa alat GUI untuk mengelola database MySQL atau mengelola data yang terdapat dalam database. Pengguna dapat menggunakan alat nonGUI yang disertakan, atau menggunakan MySQL "front-ends", perangkat lunak desktop dan aplikasi web yang membuat dan mengelola database MySQL, membangun struktur basis data, back up data, memeriksa status, dan bekerja dengan catatan data. Terdapat pula berbagai pilihan aplikasi yang bisa berjalan sebagai database administrator seperti PhpMyadmin (Web-based), HeidiSQL (Desktop-based) dan banyak lainnya.

 

JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang memungkinkan memainkan HTML Anda dengan animasi, interaktivitas, dan efek visual yang dinamis. JavaScript dapat membuat halaman web lebih berguna dengan menyediakan umpan balik segera. Misalnya, halaman keranjang belanja JavaScript secara langsung dapat menampilkan total biaya, dengan pajak dan pengiriman, saat pengunjung memilih produk untuk dibeli. JavaScript dapat menghasilkan pesan kesalahan segera setelah seseorang mencoba untuk mengirimkan formulir web yang kurang lengkap mengenai informasi yang diperlukan.

JavaScript juga memungkinkan Anda membuat web lebih menyenangkan, dinamis, dan interaktif. Misalnya, dengan JavaScript, Anda dapat mengubah halaman statis gambar thumbnail menjadi slideshow animasi (seperti yang Anda akan belajar bagaimana melakukan di AnythingSlider Tutorial). Atau Anda dapat melakukan sesuatu yang lebih halus seperti informasi lebih lanjut tentang halaman tanpa membuatnya tampak ramai dengan mengorganisir konten ke panel, bahwa pengunjung dapat mengakses dengan mudah (Pengorganisasian Informasi dalam Panel Tab). Atau tambahkan sesuatu yang berguna dan menarik, seperti tooltips pop-up yang menyediakan informasi tambahan untuk item pada halaman web Anda (Menambahkan Tooltips).

Satu lagi nilai jual utama JavaScript adalah kedekatannya. Ini memungkinkan halaman web merespon langsung tindakan seperti mengklik link, mengisi formulir, atau hanya menggerakkan mouse di sekitar layar. JavaScript memungkinkan Anda membuat halaman web yang merasa dan bertindak lebih seperti program desktop dari halaman web.

 

Selanjutnya : Hal yang mendasar pada pemrograman web - Part 3

 


About Author

root

"To be more advanced does not need to be complicated" because simple it's more easier and better.


Comment & Discussions

    Please LOGIN before if you want to give the comment.