Pada kenyataannya, saya tidak yakin ini adalah komparasi yang sesuai.

Perbadingan Database MS.Access dengan Database SQLite

Pada kenyataannya, saya tidak yakin ini adalah komparasi yang sesuai.

Hal ini terdengar seperti sedang mencari solusi dengan mengubah perangkat Anda, dan tanpa mengubah desain dan sistem yang ada. Bahkan, JET dari MS.Access bisa lebih cepat dari oracle, atau mySQL, ataupun SQL Server. Alasannya adalah sistem, sistem berbasis server yang memiliki koneksi socket ke server. Mereka menggunakan berbagai lapisan proses transaksi. Ada mungkin 500 lapisan tambahan perangkat lunak dan sistem antara Anda dan data aktual yang berada pada hard drive anda.

Sangat kontras bahwa untuk mengakses apa yang pada dasarnya merupakan proses dari sebuah program (bukan sebagai layanan sistem). Anda tidak terhubung ke akses file data melalui beberapa koneksi TCP / IP seperti yang Anda lakukan dengan sistem berbasis server (pada kenyataannya sebagian besar dari sistem-sistem berbasis server memaksa Anda untuk terhubung melalui jaringan dan beberapa lapisan, bahkan pada komputer lokal Anda dengan asumsi pilihan yang tersedia).

JET (Access Database Enggine) bukanlah sebuah layanan, dia hanya mengakses file dari hard drive dan menampilkan hasilnya pada software anda. Dan perlu diketahui bahwa gesekan data dari hard disk terjadi pada kecepatan yang sama seperti oracle atau SQL Server dan semua sistem-sistem lain (kita berasumsi mesin dan perangkat keras yang sama di sini). Namun sistem-sistem lain masih memiliki 500 proses bahkan 1000 lapisan proses tambahan, Software dan koneksi Jaringan merupakan sebuah hal yang penting demi keamanan pengguna dll, Semua hal ini secara substansial akan memperlambat ketika anda berusaha mendapatkan data pada disk drive dengan jumlah yang besar.

Sekarang saja jika Anda berbicara tentang koneksi melalui beberapa jenis jaringan, maka sistem-sistem berbasis server akan lebih baik, karena Anda ingin semua proses dan semua yang terjadi SEBELUM data mulai mengalir melalui jaringan sehingga dapat diakses oleh beberapa user. Namun dalam skenario ini, server dan mesin adalah satu hal yang sama. Oleh karena itu masuk akal jika kita memperkecil konteks yang besar seperti ribuan lapisan tambahan pada perangkat lunak.

Proses transaksi pada kedua database ini juga sangat dipengaruhi oleh kemampuan hardware yang anda miliki. Jadi anda tidak perlu khawatir ketika anda menggunakan software dengan data MS.Access atau SQLite terasa lambat, apalagi ketika data anda mencapai angka diatas 100,000 lebih, kinerja hardware dan kode dari software yang anda gunakan berperan penting. Ada beberapa hal yang perlu kita perjelas mengenai pebandingan MS.Access dan SQLite seperti pada table dibawah ini.

 

PerbandinganMS.AccessSQLite
Website office.microsoft.com/en-us/access sqlite.org
Tahun rilis 1992 2000
Lisensi Komersial Public Domain
Implementasi Bahasa C++ C
Server Operating Systems Windows Server-less
APIs dan metode akses DAO | OLE DB | ADO.NET | ODBC ADO.NET | JDBC | ODBC
Bahasa yang didukung C
C#
C++
Java (JDBC-ODBC)
VBA
Visual Basic.NET
Actionscript
Ada
Basic
C
C#
C++
D
Delphi
Forth
Fortran
Haskell
Java
JavaScript
Lisp
Lua
MatLab
Objective-C
OCaml
Perl
PHP
PL/SQL
Python
R
Ruby
Scala
Scheme
Smalltalk
Tcl
Server-side Ya Tidak
Ukuran Maksimum Blob / Clob 64 KB 1 GB
Ukuran Maksimum Database 2 GB 32 TB
Jumlah Maksimum Kolom Row 255 32767
Katakter maksimum 255 B 1 GB
Mendukung Boolean Ya - BOOLEAN Tidak
Mendukung Binary Tidak Ya - BLOBTEXT
Tampilan GUI & SQL GUI (pihak ke-3) & SQL
Objek lainnya Data Domain | External Routine External Routine | Triger

Hal yang cukup signifikan ketika anda berencana menggunakan aplikasi dengan data berbasi MS.Access, karena pada MS.Access jumlah data maksimum yang dapat anda simpan sebesar 2GB, mungkin untuk usaha kecil data itu dapat menampung semua transaksi anda selama 1 atau 2 tahun. anda dapat membandingkan dengan SQLite yang bisa menampung data anda sebesar 32 TB. selain itu pada segi keamanan pada MS.Access menurut saya sangat riskan, karena meskipun data yang anda mikili telah diberikan password maka data tersebut tidak di enskripsi melainkan hanya menambahkan password untuk mengakses data anda. namun metode tersebut tidak berlaku pada SQLite, data yang diberikan password akan di enskripsi sehingga untuk membaca data tersebut cukup sulit.

 

Saya telah menjelaskan sedikit perbandingan MS.Access dan SQLite, anda bisa menggunakan yang mana saja ketika akan belajar membuat program atau aplikasi. Bagi saya Keamanan dan penggunaan untuk jangka panjang lebih menjanjikan.


About Author

root

"To be more advanced does not need to be complicated" because simple it's more easier and better.


Comment & Discussions

    Please LOGIN before if you want to give the comment.