Kadang beberapa orang menganggap remeh, karena kini mulai banyak bertebaran CMS (Content Management System) yang siap pakai. ada beberapa orang yang menganggap diriya seorang web progammer hanya berbekal CMS dan web template instan, namun ketika terjadi kesalahan atau kerusakan dan untuk melakukan customisasi mereka belum tentu paham, karena untuk membuat sebuah website dibutuhkan beberapa tahap yang tidak boleh terlewat sedikitpun. Sedikit akan saya berikan informasi mengenai hal-hal yang paling mendasar pada pemrograman web.

Hal yang mendasar pada pemrograman web - Part 1

Word Wide Website atau yang lebih banyak disebut website, kini menjadi sangat umum di Indonesia. Hampir semua kalangan pernah menggunakan website, namun tidak banyak yang tau apa dan bagaimana website itu dibuat. Menurut saya website termasuk karya seni dalam hal ini bukan hanya pada seni visual pada design layout atau tampilan website tersebut, pada pemahaman saya sebagai seorang coder, menulis sebuah baris kode untuk website membutuhkan teknik yang cukup tinggi dimana anda diharuskan untuk teliti, bahkan satu karakter pun dapat berpengaruh pada sebuah website, sekarang atau kedepannya.

Kadang beberapa orang menganggap remeh, karena kini mulai banyak bertebaran CMS (Content Management System) yang siap pakai. ada beberapa orang yang menganggap diriya seorang web progammer hanya berbekal CMS dan web template instan, namun ketika terjadi kesalahan atau kerusakan dan untuk melakukan customisasi mereka belum tentu paham, karena untuk membuat sebuah website dibutuhkan beberapa tahap yang tidak boleh terlewat sedikitpun. Sedikit akan saya berikan informasi mengenai hal-hal yang paling mendasar pada pemrograman web.

Pada penjelasan ini akan dibagi menjadi tiga bagian Part 1, Part 2, Part 3

 

HTML HyperText Markup Language

HTML ditulis dalam bentuk elemen HTML terdiri dari tag yang ditutupi dengan kurung sudut (seperti < html >), dalam konten halaman web. Tag HTML paling sering kita dapati datang berpasangan seperti < h1 > dan < /h1 >, meskipun beberapa tag merupakan elemen kosong dan begitu juga tidak berpasangan, misalnya < img /> atau< br / > . Tag pertama dalam pasangan adalah tag awal, dan tag kedua adalah tag akhir (mereka juga disebut tag pembuka dan tag penutup). Di antara tag ini web designer dapat menambahkan teks, tag lanjut, komentar dan jenis konten lainnya berbasis teks.

 

CSS Cascading Style Sheets

CSS dirancang untuk memungkinkan pemisahan konten dokumen (yang ditulis dalam HTML atau bahasa markup yang sama) dari presentasi dokumen, termasuk unsur-unsur seperti tata letak, warna, dan font. Pemisahan ini dapat meningkatkan aksesibilitas isi, memberikan lebih banyak fleksibilitas dan kontrol dalam spesifikasi karakteristik presentasi, memungkinkan beberapa halaman untuk berbagi format, dan mengurangi kompleksitas dan pengulangan isi struktural (dengan memungkinkan untuk desain web Tableless). CSS juga dapat memungkinkan halaman markup yang sama untuk disajikan dalam gaya yang berbeda untuk metode rendering yang berbeda, seperti di layar, di cetak, dengan suara (ketika dibacakan oleh browser berbasis pembicaraan atau pembaca layar). Hal ini juga dapat digunakan untuk memungkinkan halaman web untuk menampilkan sesuatu yang berbeda tergantung pada ukuran layar atau perangkat yang digunakan. Sementara penulis dokumen biasanya menghubungkan dokumen ke file CSS, pembaca dapat menggunakan style sheet yang berbeda, mungkin salah satu di komputer mereka sendiri.

 

Localhost

Dalam jaringan komputer, localhost berarti komputer ini. Ini adalah nama host bahwa perangkat lunak komputer dan pengguna dapat menggunakan untuk mengakses layanan jaringan komputer sendiri melalui antarmuka jaringan loopback nya. Pada sebagian besar sistem komputer, localhost resolve ke alamat 127.0.0.1, yang merupakan paling umum digunakan alamat loopback IPv4, dan ke alamat loopback IPv6 :: 1. Menggunakan antarmuka loopback bypasses hardware antarmuka jaringan lokal.

Mekanisme loopback lokal berguna untuk programmer untuk menguji perangkat lunak selama perkembangan independen dari setiap konfigurasi jaringan. Jika komputer telah dikonfigurasi untuk menyediakan sebuah website, mengarahkan browser web untuk http://localhost maka akan menampilkan halaman rumahnya.
 

XAMPP

Nama XAMPP's merupakan akronim untuk:

  • X (yang berarti "cross", dan memiliki makna cross-platform)
  • Apache HTTP Server
  • MySQL
  • PHP
  • Perl

Secara resmi, XAMPP dimaksudkan untuk digunakan hanya sebagai alat pengembangan, untuk memungkinkan perancang dan programer website untuk menguji pekerjaan mereka pada komputer mereka sendiri tanpa akses ke Internet. Untuk membuat ini semudah mungkin, banyak fitur keamanan penting yang dinonaktifkan secara default.  Dalam prakteknya, bagaimanapun juga XAMPP kadang-kadang digunakan untuk benar-benar melayani halaman web di World Wide Web atau secara online. Hal ini sangat riskan karena desain utama XAMPP bukan untuk hosting secara nyata karena dibutuhkan tingkat keamanan yang rangkap untuk melindungi bagian yang paling penting dari paket.

 

Selanjutnya : Hal yang mendasar pada pemrograman web - Part 2


About Author

root

"To be more advanced does not need to be complicated" because simple it's more easier and better.


Comment & Discussions

    Please LOGIN before if you want to give the comment.