Sebuah pertanyaan yang pernah saya dengar adalah bagaimana cara mengatur zona waktu yang benar di Xampp!. Xampp adalah aplikasi atau software yang menjadi pilihan saya ketika bekerja denganPHP atau MySql. Ini sangat mudah digunakan dan mudah untuk dipasangkan pada komputer anda. Anda bahkan tidak perlu memasangkan berkali-kali di komputer anda lainnya, karena anda dapat menggunakan versi portable, pada versi portable ini anda hanya membutuhkan media penyimpan seperti FlashDisk dan anda siap menggunakannya. Saya sering merekomendasikan aplikasi ini sebagai cara untuk menguji fungsionalitas baru sebelum mengirimkannya pada klien.

Mengatur Timezone yang benar di Xampp

Sebuah pertanyaan yang pernah saya dengar adalah bagaimana cara mengatur zona waktu yang benar di Xampp!

Xampp adalah aplikasi atau software yang menjadi pilihan saya ketika bekerja dengan PHP atau MySql. Ini sangat mudah digunakan dan mudah untuk dipasangkan pada komputer anda. Anda bahkan tidak perlu memasangkan berkali-kali di komputer anda lainnya, karena anda dapat menggunakan versi portable, pada versi portable ini anda hanya membutuhkan media penyimpan seperti FlashDisk dan anda siap menggunakannya. Saya sering merekomendasikan aplikasi ini sebagai cara untuk menguji fungsionalitas baru sebelum mengirimkannya pada klien.

 

 

Selama proses instalasi Anda akan disajikan dengan berbagai kotak dialog. Salah satu dialog semacam menyatakan bahwa nilai zona waktu di kedua php.ini dan my.ini telah diatur untuk "America / Chicago" dan bahwa Anda harus mengubah manual jika tidak sesuai dengan zona waktu anda. Masalahnya adalah Anda tidak diberitahu di mana Anda dapat dengan mudah menemukan file tersebut.

Sebelum Anda melakukan apapun yang Anda perlukan untuk menentukan zona waktu yang berlaku untuk Anda. Anda dapat melihat daftar zona waktu pada http://us2.php.net/manual/en/timezones.php di mana Anda akan menemukan daftar zona yang didukung dibagi berdasarkan wilayah geografis. Saya memilih "Asia". Kemudian, Anda akan disajikan dengan daftar zona waktu di bawah judul "Asia". Saya memilih "Asia/Jakarta" - pilih salah satu yans sesuai untuk Anda.

Berbekal sedikit informasi sekarang kita dapat membuat perubahan yang diperlukan.

Pertama, arahkan direktori ke C:\xampp\php\php.ini dan membuka file dalam editor teks biasa seperti Notepad.

Berikutnya cari bagian ini

[Date] 
; Defines the default timezone used by the date functions 
; http://php.net/date.timezone 
date.timezone = "Asia/Jakarta"

Dan anda dapat mengubah "America / Chicago" ke nilai yang tepat. Dalam kasus saya itu adalah "Asia / Jakarta". Simpan file dan restart Apache (jika sedang berjalan) agar perubahan dapat diproses.

Selanjutnya, arahkan ke C:\xampp\mysql\bin\my.ini dan membuka file dalam editor teks biasa seperti Notepad.

Anda dapat mengubah nilai berikut atau menambahkannya pada baris paling bawah,

default-time-zone   = "Asia/Jakarta"

Dan lagi, Anda dapat mengubah nilai yang sesuai untuk Anda. Simpan file dan restart MySQL (jika sedang berjalan) agar perubahan dapat diproses.

PS: Direktori instalasi xampp pada artikel ini ada pada drive C:\


About Author

root

"To be more advanced does not need to be complicated" because simple it's more easier and better.


Comment & Discussions

    Please LOGIN before if you want to give the comment.