Perkembangan startup di Indonesia, beberapa tahun belakangan masih didominasi oleh bisnis e-commerce. Khususnya yang menawarkan produk fashion dan elektronik. Jumlahnya pun cukup banyak, karena itulah perusahaan analisa dan website pasar W & S Group melakukan riset untuk mempelajari website e-comme...

Survei website e-commerce paling populer di Indonesia

Perkembangan startup di Indonesia, beberapa tahun belakangan masih didominasi oleh bisnis e-commerce. Khususnya yang menawarkan produk fashion dan elektronik. Jumlahnya pun cukup banyak, karena itulah perusahaan analisa dan website pasar W & S Group melakukan riset untuk mempelajari website e-commerce apa yang paling dikenali oleh masyarakat Indonesia. Penasaran dengan hasilnya?

Website paling populer

Merek merupakan salah satu aset penting dan juga menjadi identitas sebuah perusahaan. Kepopuleran sebuah merek bisa digunakan sebagai tolak ukur kinerja sebuah perusahaan, menggunakan konsep yang disebutPopular Brand Index. Dengan perhitungan dari empat variabel data, yakni top of mind (merek yang pertama kali diingat), expansive (tingkat penyebaran website), last used (total penggunaan dalam tiga bulan terakhir), dan future intention (merek yang akan dibeli di waktu mendatang).

populer

Hasil riset pertama menunjukkan bahwa Lazada dan OLX merupakan website e-commerce paling populer dikalangan masyarakat dengan skor 29,2 diikuti oleh OLX diposisi kedua dengan skor 22,1 dari 47 persen responden survei yang dilakukan oleh W&S Indonesia ini, yang keseluruhannya berjumlah 864 responden.

Website paling dikenal

Selanjutnya untuk mengetahui kekuatan dari website e-commerce tersebut, W&S Group melakukan riset dengan mengukur tingkat pengetahuan responden terhadap website tersebut.

brand-awarness

Dengan memakai data Top of Mind, hasilnya menunjukkan bahwa Lazada menempati peringkat pertama dengan 40,7 persen, diikuti oleh OLX dengan 18,6 persen, dan FJB kaskus dengan 9,1 persen. Sebagai website e-commerce paling dikenal di Indonesia.

Tingkat penyebaran website

expansive

Kemudian, menggunakan data Expansive untuk mencari tingkat penyebaran website. Hasilnya sedikit berbeda, kali ini OLX menempati peringkat pertama dengan nilai 33 persen diikuti Lazada pada peringkat kedua dengan 27,7 persen, dan Berniaga pada urutan ketiga dengan 10,8 persen. Hal ini menunjukkan bahwa website tersebut memiliki banyak iklan di internet atau televisi serta mempunyai sosial media yang aktif.

Persentase pengunjung

market-share

Dengan data Market Share yang diambil dari dari bulan Maret hingga Mei tahun ini. Lazada kembali menempati peringkat pertama dengan 23,7 persen, OLX dengan 21,4 persen, dan Berniaga dengan 9,3 persen. Sebagai website dengan persentase pengunjung paling tinggi. Hal ini merupakan salah satu dampak positif yang diakibatkan oleh kepopuleran website.

Persentase pengunjung kembali

Dari persentase data Future Intention yang diukur dari responden yang royal dan yang akan berpindah dalam data. Diperoleh hasil yang sama, dimana Lazada berada di peringkat pertama dengan 21,9 persen, OLX 18,1 persen, dan Berniaga 10,2 persen. Ini menunjukkan bahwa ketiganya merupakan website yang paling diminati dan memiliki peluang yang sangat besar akan dikunjungi di masa yang akan datang.

Persentase pengunjung yang beralih

beralih1

Selanjutnya merupakan persentase jumlah pengunjung yang beralih ke website lain. Dari 864 responden, ditemukan bahwa 56,1 persen pengunjung akan beralih ke website e-commerce lain.

beralih

Pada persentase ini juga ditemukan bahwa website lain yang akan dikunjungi selanjutnya adalah Lazada dengan 19,8 persen, Berniaga 12,4 persen, dan OLX 12,0 persen.

Internet sebagai media marketing utama

internet

Dari 752 responden yang diteliti, ternyata 96,7 persen responden rutin menggunakan Internet. Diikuti oleh televisi dengan 83,9 persen dan media cetak sebanyak 50 persen responden.

Selain itu juga ditemukan bahwa produk iklan yang paling menarik masyarakat adalah perangkat digital seperti smartphone, tablet, laptop, dan lainnya.


Riset ini diikuti oleh 864 orang yang terdiri dari 54,2 persen laki-laki dan 45,8 persen wanita. Dengan rentang umur mulai dari 17 hingga 50 tahun yang berasal dari provinsi dan kota besar di Indonesia.

 

Article source : id.techinasia.com


About Author

Rio Anugrah


Comment & Discussions