Kalau membicarakan bahasa pemrograman yang satu ini, actionscript, jadi teringat waktu zaman kuliah dulu ngotak ngatik AS yang masih versi AS2, dan kalau sekarang sudah AS3 bahkan lebih mungkin, perbedaannya terletak pada metode coding nya, kalau AS2 masih prosedural kalau AS3 sudah berorientasi objek. T...

Action Script 2 Masih Eksis (+ Contoh Trace Sederhana)

Kalau membicarakan bahasa pemrograman yang satu ini, actionscript, jadi teringat waktu zaman kuliah dulu ngotak ngatik AS yang masih versi AS2, dan kalau sekarang sudah AS3 bahkan lebih mungkin, perbedaannya terletak pada metode coding nya, kalau AS2 masih prosedural kalau AS3 sudah berorientasi objek.

Tapi jangan salah, sampai detik ini AS2 masih banyak digandrungi oleh para pecinta Actionscript terutama aplikasi yang mengandung nya yaitu Flash, hal ini karena AS2 sudah sangat banyak sekali digunakan oleh para pecinta nya dan terdapat nya fitur help pada macromedia flash 8 yang sangat lengkap dengan contoh kode di dalam nya, naaah bagi anda yang penasaran, coba deeeh ubek ubek lagi tuh PC or laptop anda barangkali masih ada installer Macromedia Flash 8 nya. Adobe merupakan perusahaan yang mengakuisisi keberadaan flash tersebut, dan flash adalah aplikasi pengembangan animasi 2 dimensi dengan menitikberatkan layering dan coding yang mumpuni.

Selain itu Flash sangat baik dalam hal kualitas gambar from scratch nya, alias jika kita ingin menggambar langsung pada aplikasi Flash tanpa harus import dari aplikasi lain, itu sangat bagus kualitas nya apalagi jika menggunakan pen tablet.

Oke segitu dulu kata kata pembuka nya, kita akan coba membuat actionscript 2 yang sangat sederhan dengan menggunakan aplikasi macromedia flash 8.

1. Buka aplikasi Macromedia Flash 8

2. Klik di keyframe pertama sampai keyframe berwarna hitam

3. Setelah itu, tekan tombol F9, maka akan muncul tab ACTION seperti berikut ini

4. Lalu ketikan script di bawah ini pada tab action

trace("Ini Actionscript saya yang pertama !");

5. Lalu ketik kombinasi CTRL+Enter, nanti akan muncul tampilan seperti berikut ini :

Selamat !, anda sudah berhasil membuat program sederhana dari AS2, semoga bermanfaat dan tunggu lagi tutorial selanjutnya yang lebih dahsyat !! 

Wassalam Giriwill


About Author

Giri Rahayu Bastian

Lahir di tasikmalaya dan kerja di pangandaran


Comment & Discussions

    Please LOGIN before if you want to give the comment.