Instalasi extension GeoIP pada server PHP di Windows OS (Disini saya mengunakan Windows 7 64bit). Apakah GeoIP itu? Seperti yang diterangkan didalam web official PHP, GeoIP adalah sebuah PECL Extension pada PHP yg memungkinkan kita untuk melacak Lokasi pengunjung berdasarkan IP Address.

Instalasi Module PHP GeoIP Pada Windows Server

Selamat pagi sahabat jaco semua, disini saya coba bebagi pengalaman untuk menginstall extension GeoIP pada server PHP di Windows OS (Disini saya mengunakan Windows 7 64bit). Apakah GeoIP itu? Seperti yang diterangkan didalam web official PHP, GeoIP adalah sebuah PECL Extension  pada PHP (Bukan ekstensi bundled bawaan PHP).

Untuk pengalaman ini, kebetulan saya menggunakan webserver dengan spesifikasi sebagai berikut:

  1. Operating System menggunakan Windows 7 SP1 (x64)
  2. PHP 5.6 (x64) : PHP 5.6 (5.6.5) VC11 x86 Thread Safe
  3. Apache 2.4 (x64) : Apache 2.4.12 Win64
  4. PEAR 1.9.5 : http://pear.php.net/package/PEAR (Jika PEAR tidak ada dalam direktori PHP kamu), download di http://pear.php.net/go-pear.phar
  5. GeoIP 1.0.8 : http://pecl.php.net/package/geoip

Untuk apache saya ambil dari http://www.apachelounge.com/download/ sedangkan untuk PHP nya saya ambil dari http://windows.php.net/download#php-5.6 dan kedua web tersebut adalah web official developer apache dan php (apachelounge adalah web komunitas developer apache), termasuk PEAR dan GeoIP nya

Instalasi PHP PEAR

Pertama sekali, PEAR harus terinstall pada PHP yang kita gunakan, install pear menggunakan command prompt. Run command prompt as Administrator (Start Menu > All Programs > Accessories > Command Prompt (Klik kanan > Run as administration).

cd /d C:\PHP\Apache\
php go-pear.phar

Command diatas dengan asumsi bawha PHP yang saya gunakan terinstall pada direktori C:\PHP\Apache\

 

 install Pearmerge registryKemudian merge file PEAR_ENV.reg kedalam registry untuk menambahkan direktori PEAR kedalam Environments Variables Windows.

 

Download DLL File GeoIP dan Copy FIle ke Direktori Extension PHP

Karena GeoIP bukan lah extension bawaan dari PHP Default, maka kita perlu mendownload nya dari web official PECL, dimana kamu bisa mendownloadnya di http://pecl.php.net/package/geoip/1.0.8/windows untuk Windows Server, Pilih versi 1.0.8 dan sesuaikan dengan versi PHP yang kamu pakai, karena saya menggunakan PHP 5.6 maka saya mendownload 5.6 Thread Safe (TS) x64 yang ada pada halaman tersebut.

Setyelah berhasil mendownload package PHP GeoIP, extract file tersebut, maka didalamnya kamu akan mendapatkan file php_geoip.dll. Copy atau Move file php_geoip.dll pada direktori ext tempat instalasi PHP kamu, Karena instalasi PHP yang saya gunakan adalah didalam folder C:\Apache\PHP\ maka saya mencopy file php_geoip.dll kedalam direktori C:\PHP\Apache\ext\ seperti gambar dibawah ini:

ext folder php

 

Tambahkan Ekstensi GeoIP Pada PHP Ext

Supaya GeoIP terload saat PHP di start, baik dari console atau webserver, maka kita perlu menambahkan nama ekstensi yang telah kita tambah di folder ext instalasi PHP. Didalam tutorial ini karena saya menginstall PHP pada direktori C:\PHP\Apache\ dan letak extensi nya adalah di direktori C:\PHP\Apache\ext\ maka saya menambahkan kode baris berikut pada file php.ini

extension=php_geoip.dll

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini:

php.ini

Untuk menambahkan database GeoIP yang akan menjadi database query saat dilakukan scan lokasi berdasarkan IP Address, maka download file-file database yang disedikan oleh MaxMind (Ada yang gratis, dan untuk data yang paling update bisa purchase atau beli lisensi dari MaxMind).

Adapun link download database GeoIP bisa kamu download dari website : http://dev.maxmind.com/geoip/legacy/geolite/

Saya sarankan download semua file yang ada dalam halaman tersebut (Yang menggunakan ekstensi *.dat)

 

Memastikan Lokasi Direktori Database GeoIP

Untuk dapat memastikan dimana kita harus meletakkan file-file database GeoIP (Umunya harus diletakkan di direktori bin tempat instalasi webserver Apache), maka gunakan kode dibawah ini dan buka pada browser

<?php
echo '<pre>';
$infos = geoip_db_get_all_info();
if (is_array($infos)) {
    print_r($infos);
}
echo '</pre>';
?>

 

Berikut screenshot nya seperti dibawah:

 pastikan letak *.dat

Pindahkan semua file database GeoIP (tentunya setelah di ekstrak) ke direktori-direktori yang ada pada geoip_db_get_all_info() yang kita eksekusi tadi, sesuaikan letak direktorinya.

Demikian tutorial tentang instalasi module GeoIP pada webserver Apache pada Windows OS, Semoga bermanfaat ya teman-teman, salam coding!


About Author

Imran Nababan

System Analyst at Game Industry


Comment & Discussions

    Please LOGIN before if you want to give the comment.