Tutorial yang akan saya sampaikan kali ini yaitu mengenai fungsi rekursif, dan saya harap setelah membaca tutorial kali ini teman teman dapat mengerti tentang fungsi rekursif. Fungsi Rekursif (recursive function)ialah fungsi yang memanggil dirinya sendiri. Artinya fungsi rekursif merupakan suatu fungsi yang terdapat fungsi dirinya pada code fungsinya.Fungsi rekursif merupakan fungsi yang terus...

Tutorial - Fungsi Rekursif

Tutorial yang akan saya sampaikan kali ini yaitu mengenai fungsi rekursif, dan saya harap setelah membaca tutorial kali ini teman teman dapat mengerti tentang fungsi rekursif.

Fungsi Rekursif (recursive function)
ialah fungsi yang memanggil dirinya sendiri. Artinya fungsi rekursif merupakan suatu fungsi yang terdapat fungsi dirinya pada code fungsinya.
Fungsi rekursif merupakan fungsi yang terus berulang, oleh karena itu fungsi ini diberi suatu keadaan stop.

Kenapa menggunakan fungsi rekursif?

Dengan menggunakan fungsi rekursif masalah akan terurai secara sederhana. dan penggunaan fungsi ini saat terdapat persoaan yang tidak dapat di selesaikan dengan cara iteratif. Walau akan lebih sederhana program yang kita buat, menggunakan fungsi rekursif akan lebih membebani memory kita dibandingkan dengan cara iteratif. Maka hindari menggunakan fungsi ini kalau masih bisa di kerjakan dengan cara iteratif.

Fungsi rekursif dapat diterapkan dalam berbagai masalah, misalnya program deret fibonaci. Berikut akan saya jelaskan penggunaan fungsi rekursif dalam membuat program fibonaci.

Fibonaci merupakan bilangan yang merupakan jumlah dari bilangan sebelumnya. (1, 1, 2, 3, 5, ..... dst)

#include <stdio.h>

int fibo(int a){
if(a==1  || a==2) return 1;
else return(fibo (a-1) + fibo(a-2));
}

int main(){
int n;
printf("Masukan jumlah deret : ");
scanf ("%d",&n);
for (int i=1;i<=n ;i++){
printf("%d", fibo(i));
}
return 0;
}

 

pada fungsi fibo :

jika a= 1 atau a = 2 maka akan return 1, sedangkan jika lebih dari 2, maka akan memangil fungsi fibo lagi seerti yang terketik pada code..

Terima Kasih


About Author

(:)

no comment


Comment & Discussions

  • David Setyo
    Artikel yang bagus mengenai rekursi, tapi berdasarkan pengalaman saya, rekursi memiliki limit yang bergantung dari OS, oleh sebab itu saya berharap ada artikel pelengkap rekursi yang membahas kelemahan dan batasan-batasannya. Thanks.

  • (:)
    Trims.Memang betul penggunaan dari rekursif memerlukan lebih banyak penggunaan memory, penggunaan rekursif usahakan dihindari selagi masih dapat dikerjakan secara iteratif.

  • Aleksandrio Sitohang
    kok format pdfnya g bisa di download?

  • Please LOGIN before if you want to give the comment.