Tutorial Cheyuz: Tutorial bagaimana membuat sebuah database beserta relasi antar table menggunakan Microsoft SQL Server Management Studio.

Membuat Database dengan SQL Server Management Studio

Selamat pagi, kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat database SQL Server dengan menggunakan tools dari Microsoft, yaitu Microsoft SQL Server Management Studio. Software dapat didownload di sini: www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=8961

Untuk janji saya membuat tutorial Visual C# menampilkan database MSSQL dan ditampilkan ke dalam datagrid kita tunda dulu, karena databasenya belum ada. Jadi, alangkah lebih baiknya kita mengikuti tutorial ini dalam hal membuat database. Hasil dari tutorial ini dapat dipakai nanti untuk keperluan kita dalam membuat aplikasi berbasis database baik desktop, web, maupun mobile pada tutorial-tutorial berikutnya yang akan saya buat. Oleh karena itu, silakan ikuti tutorial ini dengan sebaik-baiknya

Ok kita mulai tutorialnya, pertama-tama yang harus kita lakukan adalah masuk ke dalam Microsoft Management Studio dengan mengisi server, username, dan password. Buka aplikasi sehingga muncul tampilan dialog login seperti berikut ini. Pilih server type Database Engine, kemudian isikan Server name: NAMA-PC\SQLEXPRESS seperti contoh di bawah ini. Kemudian pilih authentication Windows Authentication supaya kita tidak perlu memasukkan username+password, cukup menggunakan account windows. Kemudian klik Connect.

halaman login

 

Setelah itu, akan muncul tampilan explorer di samping, yaitu nama koneksi dan folder-folder di dalamnya. Kita akan membuat suatu database baru, maka kita klik kanan folder Databases, kemudian klik New Database... Maka akan muncul dialog New Database.

Pada dialog tersebut, isikan pada Database name: Perpustakaan, kemudian klik OK. Kita akan membuat database bernama Perpustakaan. Maka sekarang tampilan explorer pada folder Databases bertambah satu, yaitu database Perpustakaan.

database perpustakaan

 

Membuat Table

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah kita akan membuat table pada database Perpustakaan. Expand database perpustakaan (mengklik tombol + di sebelah kiri tulisan Perpustakaan di explorer), kemudian klik kanan Tables > New Table... Maka akan tampil suatu tab baru untuk menambahkan kolom-kolom yang akan dibuat pada table. Isikan kolom-kolom berikut yang diperlukan untuk table yang akan kita buat.

Table buku

table

Kita akan menjadikan kolom id menjadi primary key, langkah yang harus dilakukan adalah klik kanan kolom id, kemudian pilih Set Primary Key. Maka akan muncul gambar kunci di samping kirinya dan tanda pada kolom Allow Nulls menjadi uncheck. Selain diset menjadi primary key, kita akan mengeset kolom id ini supaya menjadi kolom yang Auto Increment, atau nilai int nya selalu bertambah. Caranya adalah dengan mengubah property Is Identity menjadi Yes. Lihat gambar berikut ini.

set primary key + auto increment

Tekan Ctrl+S untuk menyimpan table. Dan masukkan nama table buku.

Buatlah table-table berikut dengan langkah yang sama dengan langkah di atas.

Table buku

buku

Table kategori

kategori

Table anggota

anggota

Table peminjaman

peminjaman

Table peminjaman_item

peminjaman item

Table pengembalian

pengembalian


Ok, tahap pembuatan tabel-tabel sudah selesai. Tahap selanjutnya adalah pembuatan relasi untuk masing-masing tabel. Ini dibuat menggunakan diagram.

 

Relasi Antar Table

Langkah selanjutnya adalah membuat relasi untuk masing-masing tabel terhadap tabel lainnya. Relasi ini akan dibuat pada diagram editor bawaan langsung dari tools Management Studio.

explorer

Klik kanan Database Diagrams, kemudian pilih New Database Diagram, kemudian jika ada pertanyaan, pilih Yes.

Akan tampil dialog Add Table, pilih semua table kemudian klik tombol Add. Jika sudah, tekan Close. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan tampil hasil sebagai berikut.

diagram

Kita akan menghubungkan setiap table dengan relasi tertentu. Cara menghubungkannya adalah dengan mendrag selector setiap kolom (selector=tombol kotak di samping nama kolom, samping kiri), kemudian klik Ok, dan klik Ok. Silakan ikuti langkah berikut ini:

  1. Drag selector id_anggota pada table peminjaman ke kolom id pada table anggota
  2. Drag selector id_peminjaman pada table peminjaman_item ke kolom id pada table peminjaman
  3. Drag selector id_buku pada table peminjaman_item ke kolom id pada table buku
  4. Drag selector id_kategori pada table buku ke kolom id pada table kategori
  5. Drag selector id_peminjaman pada table pengembalian ke kolom id pada table peminjaman
  6. Drag selector id_anggota pada table pengembalian ke kolom id pada table anggota

Jika sudah, kemudian save diagram tersebut. Jika langkah kamu benar, maka akan tampil table-table tersebut berelasi seperti berikut ini:

relasi table

 

Tutorial membuat database dengan menggunakan SQL Server Management Studio selesai. Silakan dipelajari dan untuk diskusi bisa didiskusikan di bagian komentar

Nanti database ini tentu akan kita pakai jika saya membuat tutorial-tutorial database ke depannya. Salam.

Stand By With Me, 
cheyuz@jagocoding.com


About Author

Cecep Yusuf

Hi, my name is Cecep Yusuf. However, in the virtual world I am more likely to use the name Cheyuz, which is an abbreviation of two words "Cecep" and "Yusuf". I am founder of Jagocoding.com, u can view more of me in Cheyuz.com


Comment & Discussions

  • mbah gus (Guest)
    makasih gan sangat membantu

  • Thanks gan tutorialnya sangat membantu
    oia setelah ane bikin tabel ane save terus ane close tabelnya...
    nah ane mau buka lagi tabel itu letaknya dimana ya ???

  • Ane udah nemu jawabannya hahaha
    ternyata harus di refresh dulu gan folder tabelnya

  • suta pandita (Guest)
    Saya bisa minta programnya mas ,tolong bgt mas ,kirim ke email saya ,terima kasih :)

  • Andi Tonrasumange
    Saya adalah anggota user baru jagocoding.com dan saya rasa website ini akan sangat membantu dalam tujuan saya menjadi jagocoding, ya saya sangat pemula dan ingin belajar. tutorial "Membuat Database dengan SQL Server Management Studio" sudah kuikuti dan dapat dengan mudah dipahami. saya harap ada kelanjutan dari tutorial ini. saya ingin belajar step-by-step. Jika tutorial-tutorial yang ada dapat berkesinambungan dan terstruktur seperti di W3School.com, saya rasa pemula seperti saya akan sangat terbantu.. terima kasih.

    • Cecep Yusuf

      Terima kasih sudah mendaftarkan diri di situs Jagocoding.com mas...
      Untuk tutorial ini kebetulan saya sudah tidak fokus di SQL Management Studio lagi, jadi saya masih bingung apa yang perlu saya lanjutkan. Namun jika mas Andi ingin tutorial tentang PHP bisa request dengan mengirimkan request ke wall saya di situs ini :)
      Karena kebetulan saya fokus ke PHP..


  • Please LOGIN before if you want to give the comment.