Akhirnya setelah lama bergulat dengan kerjaan, sekarang bisa nulis lagi disini. Oke sekarang kita bakal lanjutin tutorialnya. ini kelanjutan dari menginstal Yii di xampp. Kalo belom baca, silahkan baca dulu biar nanti ga pusing, kalo udah dibaca, sekarang lanjutin ke membuat CRUD yang akan kita kerjakan ini. Syarat pertama membuat CRUD itu harus ada database. Berarti kita buat dulu database. b...


Membuat CRUD menggunakan Yii

on 6/6/12
0 2 3546

Akhirnya setelah lama bergulat dengan kerjaan, sekarang bisa nulis lagi disini. Oke sekarang kita bakal lanjutin tutorialnya. ini kelanjutan dari menginstal Yii di xampp. Kalo belom baca, silahkan baca dulu biar nanti ga pusing, kalo udah dibaca, sekarang lanjutin ke membuat CRUD yang akan kita kerjakan ini.

Syarat pertama membuat CRUD itu harus ada database. Berarti kita buat dulu database. buat contoh saya bikin database test dengan nama tabel identitas. Isi dari tabel identitas ada id_identitas, nama, jenis_kelamin, no_telp.

 Database udah, tabel udah. Sekarang saatnya kita bercoding ria. hahaha...

Saya disini juga menggunakan aplikasi dari tutorial sebelumnya. Selanjutnya untuk permulaan, kita sambungin dulu antara aplikasi yang kemaren kita buat sama database yang barusan kita buat. Caranya cukup mudah. buka folder C:\xampp\htdocs\yiiFramework\MyFirstApp\protected\config.(nama folder menyesuaikan dengan aplikasi kamu). Disitu ada file main.php, lalu kita buka.

 

    // uncomment the following to use a MySQL database
    /*
    'db'=>array(
      'connectionString' => 'mysql:host=localhost;dbname=testdrive',
      'emulatePrepare' => true,
      'username' => 'root',
      'password' => '',
      'charset' => 'utf8',
    ),
    */


Cari tulisan ini lalu hilangkan tanda /* dan tanda */. di bagian 'dbname=testdrive', ganti dengan nama database yang telah kita buat tadi yaitu test. password diisikan bila anda menggunakan password. Setting ke database sudah, selanjutnya kita baru bisa buat CRUD. Di Yii ada yang namanya fitur gii. Fitur ini membuat kita sedikit atau tidak sama sekali menulis koding untuk membuat CRUD ini. Nah trus gimana caranya??

Tanpa basa-basi lagi. Begini caranya:

  1. masih di file main.php ada code seperti ini.
    /*
            'gii'=>array(
      'class'=>'system.gii.GiiModule',
      'password'=>'Enter Your Password Here',
      // If removed, Gii defaults to localhost only. Edit carefully to taste.
      'ipFilters'=>array('127.0.0.1','::1'),
      ),
    */
    seperti biasa hilangkan tanda /* dan tanda */. Disitu ada 'password'=>'Enter Your Password Here', ganti password sesuai dengan yang kamu inginkan. Disini saya mengganti menjadi teguh.

  2. Sekarang coba akses http://localhost/yiiFramework/MyFirstApp/index.php?r=gii (path menyesuaikan dengan aplikasi anda berada) di browser anda. kalau sukses, anda akan diminta untuk login. kalo ga muncul. coba cek apakah url sudah benar dengan directorynya.

  3. masukan password yang anda sudah buat tadi. disini saya memasukan password teguh. lalu enter.

  4. kalo berhasil disitu ada tulisan welcome bla bla bla...... . klik Model Generator (bukan Module Generator ya).

  5. isikan nama tabel, jika anda berhasil terkoneksi dengan database. Begitu anda menuliskan identitas (disini nama tabel dari database test) maka akan muncul auto complete. kita pilih lalu tekan enter. Disini secara otomatis Model Class akan bernilai sama dengan nama tabel.

  6. lalu klik preview. Lalu Generate. file ini akan berada di C:\xampp\htdocs\yiiFramework\MyFirstApp\protected\models

  7. Masih di gii, langkah selanjutnya kita akan mengenerate file-file untuk CRUD.

  8. Klik CRUD Generator. Pada field Model Class. Inputkan model yang telah kita buat pada step sebelumnya. Klik preview, lalu generate. Try It Now untuk mencoba CRUD yang telah kita buat atau kita bisa mengakses http://localhost/yiiFramework/MyFirstApp/index.php?r=identitas untuk mencobanya.

  9. Oke sekarang kita telah berhasil membuat CRUD di Yii. SELAMAT MENCOBA..!!!





Jika ada yang masih kurang Jelas bisa Comment dibawah ya... HAPPY CODING.....



Tentang Penulis

Teguh Kristianto


Komentar dan Diskusi

Cecep Yusuf

Mantap tutorialnya. Ane juga jadi pengen belajar YII juga nih :D update terus ya gan ;)

on 6/6/12
Elok

Terimakasih tutorialnya. mohon tutorial bagaimana membuat dan menampilkan form untuk mengisi identitas tersebut. maklum newbie nih.

on 10/1/13

Tingkat Kesulitan Newbie
Waktu Pengerjaan 10 menit
Tutorial Section YII
Telah Dilihat 3546 kali
Jumlah Komentar 2
Disukai Sebanyak 0 orang
Download PDF

Pembaca yang Suka (0)