Tutorial Instalasi Ruby dengan RVM. Waktu pengerjaan relatif bergantung kepada kecepatan internet dan spesifikasi PC.

Instalasi Bahasa Pemrograman Ruby di Linux dengan RVM

Halo Pembaca! Ini merupakan tutorial pertama saya. Dan yang saya bahas di sini yaitu tentang Instalasi Bahasa Pemrograman Ruby di Linux dengan RVM. Semoga Anda dapat terbiasa dengan bahasa saya yang "sok-sok an" baku ini. Alasan saya menggunakan bahasa yang baku yaitu agar terbiasa berbicara bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Ruby merupakan bahasa pemrograman yang cukup populer di dunia. Bagaimana tidak? Bahasa ini masuk ke jajaran 10 besar dengan pengguna yang banyak. Ruby di Indonesia kurang populer. Karena itu saya ingin membawa bahasa ini menjadi salah satu bahasa pemrograman populer di Indonesia. Ruby sendiri dibuat oleh Yukihiro Matsumoto (Matz) pada tahun 1993. Dan saat ini, versi stabil terakhir Ruby yaitu 2.2.3 (23 November 2015). Untuk lebih lanjut mengenai apa itu Ruby, dapat dilihat di halaman resmi-nya yaitu ruby-lang.org/id/.

Pada tutorial ini kita akan menggunakan RVM (rvm.io) untuk instalasi Ruby-nya. RVM sendiri merupakan Ruby Version Manager yang dapat mengatur versi untuk bahasa Ruby hingga ke Third-Party Ruby yaitu Gems. RVM benar-benar memudahkan pekerjaan Ruby Developer dalam mengatur versi yang dibutuhkan serta paket-paket pihak ketiga. Spesifikasi tutorial ini yaitu:

  • Linux (dalam tutorial ini menggunakan Debian 8 64-bit)
  • Koneksi Internet
  • Tersisa paling tidak 1 GB (untuk RVM + Ruby 2.2.3 dengan beberapa paket pihak ketiga memakan 900 MB
  • Library CURL pada Linux

Sudah siap? Mari kita ikuti langkah di bawah ini...

Instalasi Ruby dengan RVM

1. Buka Terminal (Console)

Pastikan berada di halaman root pengguna (/home/nama_user/). RVM akan dipasang di /home/nama_user/.rvm/Dan untuk Ruby-nya akan dipasang di /home/nama_user/.rvm/rubies/versi_ruby/bin/ruby

cd ~

2. Ambil GPG Key

 

gpg --keyserver hkp://keys.gnupg.net --recv-keys 409B6B1796C275462A1703113804BB82D39DC0E

3. Unduh RVM dengan cURL

\curl -sSL https://get.rvm.io | bash -s stable --ruby

4. Tunggu Proses Instalasi Selesai

RVM akan otomatis diunduh dan dipasang. Tunggu hingga proses selesai.

5. Cek apakah RVM telah Terpasang dengan Benar?

which rvm

Dengan perintah tersebut, apabila muncul teks /home/nama_user/.rvm/bin/rvm maka RVM telah terpasang dengan benar dan dapat melanjutkan ke langkah "Instalasi Ruby". Ada masalah? Anda bisa hubungi saya, dengan begitu saya dapat membuat tutorial untuk memperbaikinya.

6. Cek apakah Ruby telah Terpasang dengan Benar?

which ruby

Dengan perintah tersebut, apabila muncul teks /home/nama_user/.rvm/rubies/versi_ruby/bin/ruby maka Ruby telah terpasang dengan benar dan mulai dapat digunakan. Ada masalah? Anda bisa hubungi saya, dengan begitu saya dapat membuat tutorial untuk memperbaikinya.

7. Apa selanjutnya?

Ruby telah terpasang. Lalu apa selanjutnya? Mulai dengan melakukan uji coba dengan irb(Interactive Ruby). Apa itu irb? Irb merupakan modul Ruby untuk menjalankan kode perbaris (interpreter). Atau Anda mungkin ingin memasang paket pihat ketiga seperti Rails (Ruby on Rails)? Gunakan perintah rvm gemset install nama_paket.

rvm gemset install rails

 

Penutup

Demikian tutorial singkat yang dapat saya tulis. Banyak sedikitnya kekurangan saya harap Anda memaklumi saya. Ada kesalahan atau koreksi? Ada kritik atau saran? Silakan beritahu saya. Terima kasih!


About Author

Wisnu Adi Nurcahyo


Comment & Discussions

    Please LOGIN before if you want to give the comment.