Array adalah serangkaian/sekumpulan obyek yang memiliki tipe data yang sama. Misal array of integer adalah array yang hanya terdiri dari suatu rangkaian integer. Array digunakan untuk menyimpan nilai pada sebuah variable. Banyaknya nilai itu di atur pada arraynya. Contoh kasusnya; misalkan program Anda me...

Menggunakan Array Pada JAVA

Array adalah serangkaian/sekumpulan obyek yang memiliki tipe data yang sama. Misal array of integer adalah array yang hanya terdiri dari suatu rangkaian integer. Array digunakan untuk menyimpan nilai pada sebuah variable. Banyaknya nilai itu di atur pada arraynya. Contoh kasusnya; misalkan program Anda membutuhkan 1000 variabel berbeda, maka daripada Anda susah-susah mencari nama untuk tiap variabel Anda dapat memakai array.

Nilai-nilai yang tersimpan pada array disebut elemen. Untuk mengakses elemen tertentu pada array digunakan angka index. Index menunjukkan nomor urutan dari posisi elemen yang ingin diakses dalam array. Java memulai angka indeksnya dari 0 bukan 1. 

 ilustrasi  
ilustrasi
 
ilustrasi
 
ilustrasi
 
ilustrasi
 
ilustrasi
 
ilustrasi

Indeks 0

Indeks 1

Indeks 2

Indeks 3

Indeks 4

Indeks 5

Indeks 6

 

Perhatikan contoh berikut yang menunjukkan cara memprogram array

Array.java

public class Array {
public static void main(String args[]) {
       int arr[]; //mendeklarasikan array
       arr = new int[5]; // menentukan kapasitas array
/*
Baris di atas akan menghasilkan efek yang sama dengan baris berikut:
int arr[] = new int[5];
*/
       arr[0] = 1; //mengisi element ke-0 dengan nilai 1
       arr[1] = 21;//mengisi element ke-1 dengan nilai 21
       for (int i=0;i<arr.length;i++) {
          System.out.println("arr["+i+"] = "+arr[i]);       }
     }
}

Hasil Eksekusi Program :

arr[0] = 1

arr[1] = 21

arr[2] = 0

arr[3] = 0

arr[4] = 0

Mendeklarasikan array

Baris 4 menunjukkan cara mendeklarasikan array. Dimana pada sintaks itu kita menentukan berapa banyak indeks untuk array yang kita buat. Sama halnya dengan variabel, array harus dideklarasikan dulu sebelum digunakan. Berbeda dengan deklarasi variabel, pendeklarasikan array dilakukan dengan menambahkan tanda kurung siku ([]) setelah nama array. Berikut ini adalah sintaks umum untuk mendeklarasikan array:

tipe-data nama-array[ ];

Menentukan kapasitas array

Baris 5 juga menunjukkan cara menentukan kapasitas array yang ingin dibuat. Baris tersebut akan menghasilkan array dengan kapasitas 5. Sintaks umum untuk menentukan kapasitas array adalah:

nama-array = new tipe-data[kapasitas-array];

Index array

Baris 10  menunjukkan cara mengisi elemen ke-0 dari array  arr. Dalam Java, index sebuah array dimulai dari 0. Sehingga, jika kita membuat array dengan kapasitas 5 elemen, array memiliki index dari 0 sampai dengan 4 (bukan dari 1 s/d 5!).

Mengakses dan mengeset nilai elemen

Mengakses dan mengeset nilai elemen array mirip dengan cara yang kita gunakan terhadap variabel. Bedanya adalah, kita harus menentukan index dari elemen yang ingin diakses/diset dengan menggunakan tanda kurung siku ([]). Pada contoh di atas:

arr[0] = 1;

akan mengeset indeks ke-0 dengan nilai 1.

Adapun pada baris:

System.out.println("arr["+i+"] = "+arr[i]);

akan menampilkan nilai dari elemen ke-i dari array arr.

Kapasitas Array

Panjang dari suatu array menyatakan kapasitas dari suatu array, yaitu banyaknya ruang dalam memori yang digunakan olehnya untuk menampung data. Sering kali kita ingin mengetahui kapasitas array tanpa kita harus melihat lebih dahulu statement deklarsinya. Di java hal ini dimungkinkan dengan memanggil atribut length yang dimiliki setiap array.

public class kapasitas {
public stativ void main(String[] args) {
    int[] array=new int[10];
    System.out.println(array.length);
}
}

Ketika program dijalankan akan menghasilkan output 10.

Sekian tutorial hari ini, terimakasih :D


About Author

Almibi Akmal


Comment & Discussions

  • maaf mau tanya, kalo elemen dari array dipanggil dr mysql bagaimana ya caranya ? karena saya sedang mencari cara untuk membuat matriks jarak dengan data yang sudah disimpan di database mysql. terima kasih sebelumnya

  • Please LOGIN before if you want to give the comment.