Programming     Hidayru Suikoden - Sebelum memulai Dunia Programming, pertama kita harus tahu dahulu apa sih Programming itu? sama persis kayak kita ingin PDKT sama cewek dan ingin nembak si cewek sampe meleleh, kamu harus tahu dulu apa yang disukai cewek itu, apakah matanya dua, apakah ayah nya laki-laki. Semakin banyak y...

Pengenalan Pemrograman

 

Programming

 

 

Hidayru Suikoden - Sebelum memulai Dunia Programming, pertama kita harus tahu dahulu apa sih Programming itu? sama persis kayak kita ingin PDKT sama cewek dan ingin nembak si cewek sampe meleleh, kamu harus tahu dulu apa yang disukai cewek itu, apakah matanya dua, apakah ayah nya laki-laki. Semakin banyak yang kamu ketahui semakin baik dan bisa-bisa kamu kelepek-kelepek sama informasi tentang dia. Pada intinya sebelum kita ingin melakukan sesuatu setidaknya kita mempunyai informasi mengenai hal yang akan kita lakukan dan makin banyak tahu makin baik.

 

Konsep Programming

Pada zaman dahulu, orang melakukan perhitungan masih menggunakan alat yang sangat sederhana, seperti Chi Po Ah  dan lainnya. Semakin berkembangnya hari kebutuhan perhitungan semakin tinggi dan tentunya alat yang dibutuhkan juga harus semakin canggih. Pada tahun 1950-an ditemukan alat yang bernama Komputer sebagai alat hitung. Fungsinya pada saat itu hanya dapat melakukan proses perhitungan saja, namun semakin dikembangkan hingga saat ini Komputer tidak hanya bisa melakukan operasi matematika saja, namun banyak yang bisa dilakukan seperti bermain Game, nonton Video, Editing dan lainnya.

 

 

Semakin canggih perangkat Komputer sangat mempengaruhi kecepatan proses perhitungan dan pemrosesan, namun itu bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kecepatan. Semakin canggih rumus yang digunakan maka juga sangat berpengaruh.

 Inti apa itu Programming

Informasi biasanya diproses ketika Komputer sedang digunakan, banyak task-task yang dilakukan dan menghasilkan hal-hal yang berbeda. Task-task tersebut tidak lah sesederhana yang kita bayangkan karena task-task tersebut dibuat dengan bahasa yang berbeda-beda dengan algoritma yang berbeda sehingga menghasilkan suatu informasi. Kumpulan rangkaian instruksi ditulis oleh seorang Programmer untuk mencapai sesuatu dan menghasilkan hasil yang diinginkan. Jadi orang yang ahli dalam Programming disebut Programmer. Pada intinya Programming adalah suatu pekerjaan dalam mengembangkan sesuatu dan melakukan sesuatu untuk mencapai kondisi tertentu dan menghasilkan sesuatu yang diharapkan sehingga terbangunlah suatu Program/Software.

 

 

Ngomongin soal software, saya kasih sedikit akhiran bumbu :v

Software berfungsi untuk mentransformasi Data menjadi Informasi. Menurut seorang ahli Programmer Software/Program = Struktur Data + Algoritma. Sederhananya Struktur Data adalah Representasi Data ketika akan diproses Program. Dan Algoritma adalah suatu alur logika penyelesaian dalam program. Jadi sederhana nya : Data tadi dimasukkan kedalam program, lalu diatur sehingga lebih terstruktur. Data yang terstruktur tadi diproses menggunakan suatu alur penyelesaian sehingga menghasilkan informasi yang diinginkan.

 

Sekian Pengenalan Programming dari Hidayru Suikoden, semoga bermanfaat dan Keep Fighthing for Success!

 Sumber Refrensi : www.codepolitan.com

 


About Author

Fadli Hidayatullah


Comment & Discussions

    Please LOGIN before if you want to give the comment.