ini merupakan catatan materi kuliah, yang ane dapet di semester 3 Matkul Java Fundamental . kali  ini ane akan sedikit menuangkan ilmu yang ane dapet di kuliahan, mudahan-mudahan bisa menambah pengetahuan di dunia pemrograman komputer khususnya bagi ane sendiri and readers tentunya ..  materi...

Pembahasan Java Programming

ini merupakan catatan materi kuliah, yang ane dapet di semester 3 Matkul Java Fundamental . kali  ini ane akan sedikit menuangkan ilmu yang ane dapet di kuliahan, mudahan-mudahan bisa menambah pengetahuan di dunia pemrograman komputer khususnya bagi ane sendiri and readers tentunya .. 

materi java yang ane akan bagiin ini materi tentang Kelas dan Objek di Pemrograman Java . 

sebelumnya membahas apa sih bedanya Kelas ama Objek ??...  terlebih dulu yang harus diketahui Apasih pengertian Konsep OOP (Objek Oriented Programming) ??.. 

OOP (Objek Oriented Programming) merupakan paradigma pemrograman yg menggunakan objek-objek yang saling berinteraksi untuk membentuk suatu aplikasi..

example : 

Jika Suatu Aplikasi berbentuk Sistem Windows maka objek-bjek yang relevan adalah scroll bars, button, dialog boxes, windows dll.. OOP bisa dikatakan konsep pemrograman yang difokuskan pada penciptaan Kelas yang merupakan abstraksi/ blueprint / prototype dari suatu object...

lalu , apa sih pengertian kelas ? dan Objek ?

Kelas adalah wadah yang berisi abstraksi (pemodelan) dari suatu objek, yang mendeskripsikan sifat karakteristik(data) dan tingkah laku (method) yang dimiliki objek tersebut.

Sedangkan Objek adalah kesatuan entitas (benda). baik berwujud nyata ataupun hanya suatu sistem atau konsep yang memiliki sifat karakteristik dan fungsi....

Contoh Objek :

Motor, Lemari, Kucing , Kue -> Benda Nyata 

Sistem Antrian Tiket Pesawat , Penyimpanan Uang di Bank -> Sistem atau konsep (tdk nyata)

di dalam OOP, Objek Merupakan instansiasi atau perwujudan dari kelas., objek adalah unit terkecil pemrograman yang masih memiliki data(sifat karakteristik) dan fungsi/Method. 

 

 

 

Kelas merupakan Abstraksi dari Objek , sedangkan Objek adalah Instansiasi dari Kelas.. jadi ginih.. jadi analoginya gini..  Objeknya = Denah Rumah, Kalo Kelasnya = Rumah , contoh Lain Objek nya Resep Makanan Kelasnya Makanan 

perbedaan kelas dan objek

 

 

nah kira kira begitu gan pengertian singkat nya

sekarang kita bahas masalah method dan modifier ,

 

#

About Author

Ardie Jocong

let's we learn coding together ,.. Learning by doing.. cause the best way of learning about anything is by doing. explore your brain ..


Comment & Discussions

    Please LOGIN before if you want to give the comment.