Waktu blog saya masih baru 30k visitor per harinya masih sanggup dengan hosting gratisan, tapi begitu pageviewnya sampai hampir 50k per hari, saya jadi bingung sendiri, jadinya timbullah ide untuk nyewa VPS murah, tapi setelah beselancar selama berbulan bulan saya berkesimpulan bahwa ngurus VPS sendiri it...

Ternyata Ngurus Hosting VPS Linux Sendiri untuk Blog Gampang ya!

Waktu blog saya masih baru 30k visitor per harinya masih sanggup dengan hosting gratisan, tapi begitu pageviewnya sampai hampir 50k per hari, saya jadi bingung sendiri, jadinya timbullah ide untuk nyewa VPS murah, tapi setelah beselancar selama berbulan bulan saya berkesimpulan bahwa ngurus VPS sendiri itu gak gampang dan harus bisa coding dan linux segala, akhirnya saya pun mengurungkan niat saya dan walau blog saya kena suspend terus saya sama sekali gak peduli. Gimana tidak? keadaan saya ibarat pepatah "maju kena, mundur kena!" soalnya gak diupgrade ke VPS kena suspend terus, dan kalau di upgrade gak bisa pakai managed vps karena biayanya mahal sekali, dan kalau pun mau ngurus sendiri gak punya ilmunya.

Waktu itu, ada 2 artikel saya yang paling banyak makan kuota yakni, artikel soal Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot dan juga Cara Membuat Email Baru Gmail. Inilah 2 artikel yang membuat blog saya over trafik per harinya sehingga batas memori untuk paketan hosting saya gak muat lagi menampungnya.

Akhirnya, waktu itu, saya memutuskan upgrade ke paket paling tinggi di penyedia hosting itu, tapi apa mau dikata, tetap saja gak muat. Wah ini masalah, gak mungkin saya membiarkan Caraspot terpuruk seperti ini, padahal baru dalam tahap merangkak'. Usut punya usut, ternyata ada blog yang menerima jasa belajar vps murah di Jogja, nah inilah waktunya, sebut saya dalam hati.

Sebenarnya ada banyak sekali pilihan hosting VPS yang bisa dipilih waktu itu, ini ceritanya sudah belajar nih, tapi karena saya melihat Digitalocean lebih mumpuni dalam hal lokasi server dan harga akhirnya saya putuskan untuk memakainya.

Ternyata nih, gak sama sekali yang susah, karena saya hanya belajar cara backup, cek kalau ada error, itu pun lewat webuzo saja, dan setelah berjalan 3 bulan ternyata memang tak ada yang susah. Jadi ngapain juga ya saya awalnya takut.

Tapi jujur pikiran seperti itu kebanyakan karena hegemono para blogger master yang bilang kalau ngurus VPS itu sulit, terutama yang menerima jasa managed VPS.

Jadi kesimpulannya, Ternyata Ngurus Hosting VPS Linux Sendiri untuk Blog Gampang ya! dan yang dibutuhkan hanya kemauan dan waktu saja. Thanks!

 

 


About Author

Ali

Saya paling senang otak atik blog terutama wordpress dan juga berbagai cara membuat semua hal di http://www.caraspot.com/


Comment & Discussions

    Please LOGIN before if you want to give the comment.