Raksasa internet Google baru-baru ini meluncurkan hasil survei tentang perilaku masyarakat Indonesia dalam menggunakan teknologi hingga pertengahan 2015. Survei yang dilakukan dengan metode wawancara tatap muka langsung dengan 1.200 responden pengguna di Indonesia ini ditampilkan dalam bentuk tool ...

Google Indonesia: Penetrasi Smartphone di Dalam Negeri Mencapai 43%

google indonesia

Raksasa internet Google baru-baru ini meluncurkan hasil survei tentang perilaku masyarakat Indonesia dalam menggunakan teknologi hingga pertengahan 2015. Survei yang dilakukan dengan metode wawancara tatap muka langsung dengan 1.200 responden pengguna di Indonesia ini ditampilkan dalam bentuk tool Consumer Barometer. Survei dilakukan sejak Januari sampai Maret 2015 dengan mempertimbangkan perwakilan populasi di setiap daerah di Indonesia.

Dalam surveinya kali ini, Google bekerjasama dengan lembaga TNS Global Market Research yang lebih berfokus ke wawasan perilaku konsumen lokal yang menggunakan perangkat smartphone untuk berbagai keperluan.

Dengan menggunakan Consumer Barometer, kalangan pemilik brandtentunya dapat menemukan informasi apapun, seperti seberapa sering masyarakat beraktivitas secara online, bagaimana mereka mencari informasi, melakukan riset, dan melakukan pembelian.

Hasilnya menunjukkan bahwa penetrasi penggunaan smartphone di tanah air mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hingga kuartal pertama 2015, lonjakan penggunaan smartphone mencapai angka 43 persen jika dibandingkan dengan penetrasi yang terjadi di tahun lalu yaitu 28 persen.

Lebih lanjut, data menunjukkan bahwa 4 dari 10 orang di Indonesia lebih memilih perangkat smartphone untuk mengakses berbagai kebutuhan dibanding gadget lainnya. Lengkapnya, 43 persen perangkat smartphonedipilih pengguna dibanding komputer yang hanya terpatok di angka 15 persen dan perangkat tablet di angka 4 persen saja.

Mayoritas smartphone digunakan untuk berbelanja online dan layanan streaming

Save Shopping | Featured

Google juga mengungkap bahwa sekitar 67 persen para pemilik smartphonedi Indonesia ternyata lebih memilih menggunakan smartphone untuk berbelanja online. Simon Kahn, CMO Google Asia Pacific di kantor Google Indonesia di Jakarta, Selasa (4/8) menyatakan bahwa para konsumen lokal kini telah menyadari dampak positif dari smartphone yang mereka gunakan. Ia menambahkan:

Sangat penting pula dipahami bagi para pemilik brand untuk menjadikan ini peluang bisnis dari para pengguna smartphone. Penting juga mengetahui ‘momen-mikro’ dengan konsumen, yakni saat preferensi dibentuk dan keputusan dibuat oleh konsumen. Intinya adalah para vendor tidak boleh mengabaikan strategi pemasaran di dunia online.

Selain untuk berbelanja online, Google juga mengungkap bahwa para pemilik smartphone cenderung memanfaatkan perangkat mereka untuk layanan streaming. Bahkan menurut Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami di kesempatan yang sama, kehadiran smartphone justru dimanfaatkan sebagian besar penggunanya sebagai perangkat untuk menonton video secara online.

“Pengguna smartphone di Indonesia cenderung mengakses video untuk tujuan pendidikan dan hiburan. Ini dibuktikan dengan 5 dari 10 orang pengguna smartphone lebih memilih untuk konsumsi video onlineketimbang konten lainnya.”

Ia menambahkan, pengalaman para pengguna dalam berinteraksi di mesin pencarian Google juga dinilai semakin berkembang jika dibandingkan dengan interaksi pencarian yang terjadi pada lima tahun lalu. Selain itu, pengguna smartphone di Indonesia tercatat cukup tinggi dalam melakukan pencarian lewat Google di perangkat mereka.

Survei menunjukkan, sekitar 30 persen pemilik smartphone melakukan pencarian dengan perangkat setidaknya dalam waktu sepekan. Total tersebut bersaing dengan hasil dari Inggris yang mencapai angka 22 persen.

Faktor utama yang memicu kenaikan ini menurut Veronica adalah semakin suburnya industri smartphone di tanah air. Terlebih bukan hanya pemain global saja yang diuntungkan dengan kenaikan pasar ini, pemain lokal juga telah terbukti mengambil porsi cukup baik dalam penjualan smartphone.

 

Article Source : id.techinasia.com

image source : https://id-tia-techinasiacom.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2015/08/google-indonesia.jpg

                             https://id-tia-techinasiacom.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2015/07/Save-Shopping-Featured.jpg


About Author

Rio Anugrah


Comment & Discussions

    Please LOGIN before if you want to give the comment.